Kegiatan Mahasiswa Di Tempat Praktik
1. Kegiatan di Ruang Rawat Jalan
Ruang rawat jalan adalah tempat kontak pertama bagi sebagian besar pasien sehingga menjadi tempat yang paling sesuai untuk mempraktikkan keterampilan wawancara, interpersonal, dan konseling serta keterampilan klinik. Ruang rawat jalan merupakan tempat terbaik untuk memberikan rencana asuhan dan untuk mengajarkan pasien cara melakukan rencana asuhan tersebut di rumah. Bagian rawat jalan juga menjadi langkah penghubung antara praktik simulasi dan bekerja dengan pasien yang sakit di ruang rawat inap.
2. Kegiatan di Ruang Rawat Inap
Di ruang rawat inap, pasien biasanya sakit parah dan telah memulai rencana perawatan dan pengobatan khusus. Ruang rawat inap adalah tempat yang baik untuk mengajarkan penanganan pasien, mempraktikkan keterampilan memberikan pelayanan, dan mendemonstrasikan penanganan kondisi-kondisi yang jarang ditemui.
Contoh keterampilan di ruang rawat inap :
· Menilai status klinik
· Melakukan intervensi klinik tertentu seperti memberikan cairan infus
· Mendokumentasikan informasi mengenai rencana perawatan pasien, pengobatan, dan perubahan-perubahan kondisi
· Menyampaikan keadaan pasien secara jelas kepada staf klinik dan keluarga (bila perlu)
· Mengkaji hasil tes diagnosa dan menerakannya pada kondisi pasien
3. Pengajaran di Ruang Rawat Inap
a. Pengajaran yang berpusat pada pasien
· Mahasiswa bertugas menangani satu pasien atau lebih
· Mahasiswa bekerja di bawah pengawasan staf dan bertanggung jawab terhadap perawatan pasien
· Mahasiswa menjelaskan keadaan pasien pada saat keliling ruangan, membantu memberi rencana asuhan, dan membicarakan kondisi pasien dengan staf
b. Berkeliling ruangan
· Berkeliling ruangan bisa digunakan untuk observasi atau interaksi
- Berkeliling ruangan untuk observasi
§ Mahasiswa mengikuti kunjungan sebagai seorang pengamat
§ Tenaga kesehatan yang menangani pasien melaporkan keluhan yang disampaikan pasien, temuan awal dan pengobatan, interpretasi hasil lab dan diagnosa lain, kondisi terbaru, dan rencana ke depan
- Berkeliling ruangan untuk interaksi
§ Pada saat keliling ruangan, mahasiswa ditanya mengenai kondisi pasien dan harus memberi jawaban
§ Beberapa mahasiswa dapat diminta untuk menyampaikan kondisi pasien kepada kelompok
· Perlu berhati-hati pada saat berkeliling ruangan untuk menjaga privasi pasien dan mencegah agar tidak berbicara seakan pasien sebagai obyek
· Sebaiknya mendiskusikan pasien di lokasi yang jauh dari tempat tidur pasien
Daftar Pustaka
1. Alimul, Aziz. 2002. Pengantar Pendidikan Keperawatan. Jakarta: Sagung Seto
No comments:
Post a Comment