Sunday, January 8, 2012

Teori : Stress

Stress
Stress sebagai suatu istilah yang berhubungan dengan tekanan, beban, konflik, keletihan, ketegangan, panik, perasaan gemuruh, ansietas, kemurungan dan hilang daya. Stress kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis, yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungan. Sebagai hasil, pada diri para karyawan berkembang berbagai macam gejala stress yang dapat mengganggu pelaksanaan kerja mereka. Orang-orang yang mengalami stress bisa menjadi nervouse dan merasakan kekhawatiran kronis. Mereka sering menjadi mudah marah dan agresif, tidak dapat rileks atau menunjukkan sikap yang tidak kooperatif (Rivai, 2004 dalam Hardward, 2007).
Hans Seyle membedakan stress menjadi dua kelompok, yaitu (Veninga, 1982 dalam Hardward, 2007) :
a. Eutress, yaitu stress pada tingkat tertentu yang menimbulkan dampak positif terhadap individu, dapat merangsang kreativitas dan performa kerja.
b. Distress, yaitu stress yang bersifat destruktif, kondisi yang negatif yang mengarah pada timbulnya penyakit fisik maupun mental, atau mengarah pada perilaku yang tidak wajar,
Stress berdasarkan rangsangan pada tubuh manusia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu (Monat, 1982 dalam Hardward, 2007) :
a. Stress sistematik, yaitu stress yang menimbulkan gangguan pada jaringan organ tubuh
b. Stress psikologis, yaitu stress yang berhubungan dengan faktor-faktor kognitif persepsi pengamatan terhadap ancaman kejiwaan akibat konflik.
c. Stress sosial, yaitu stress yang menyangkut gangguan pada unit sosial atau sistem.
Tingkat stress dibagi menjadi dua, yaitu (Alberet, 1979 dalam Hardwar, 2007) :
a. Stress akut (episodic) yang terjadi dalam waktu singkat, dengan intensitas bervariasi
b. Stress kronis, berlangsung lama dan terus menerus dan terjadi di luar kesadaran individu dan cenderung menjadi penyakit (psikosomatik), bahkan dapat menyebabkan kematian.
Diposting oleh : Y. P. Rahayu yang diambil dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment