Sunday, January 8, 2012

Teori : Peran Orang Tua

Peran Orang Tua
1. Pengertian Orang Tua
Orang tua adalah ayah kandung dan ibu kandung dari anak yang membentuk keluarga inti (Nuclear family) (Rumbiak, 2007, hlm 57).
Secara biologis orang tua dan ibu melahirkan anak-anak dan membesarkan, sedangkan secara sosial ekonomi orang tua langsung bertanggung jawab untuk memelihara, membesarkan dan memenuhi berbagai kebutuhan fisiologis dan kebutuhan psikologis anak-anak mereka harus dilindungi agar mereka aman dan sejahtera.
2. Tanggung Jawab Orang Tua Pada Anak
Tanggung jawab orang tua pada anak adalah memelihara (membesarkan dan mendewasakan) anak-anak sejak lahir, masa kanak-kanak sampai masa remaja, atau selama mereka masih bergantung pada orang tua, sampai saat mereka mulai mandiri bila seorang anak sudah bekerja dan sudah berkeluarga maka berarti secara absolut sudah mandiri dan dapat terlepas dari tanggung jawab orang tua.


3. Pengertian Orang Tua Dalam Kehidupan Seorang Anak :
a. Orang tua adalah sekolah pertama bagi kehidupan anak. Dari orang tuanya, anak mendapatkan semua materi pelajaran kehidupan ini, untuk yang pertama kalinya.
b. Orang tua adalah yang paling mengetahui anaknya. Karena itulah, ia adalah orang yang paling mengerti cara memaksimalkan pengembangan kecerdasannya.
c. Anak menghabiskan sebagian besar waktu bersama orang tua. Karena itu apa yang didapatkan anak dari orang tuanya akan menentukan perkembangan kecerdasannya.
d. Masa anak adalah masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan sehingga perlakuan orang tua sangat menentukan tingkat kecerdasannya kelak.
e. Orang tua adalah pemegang amanat atas anak dari tuhan. Karena itulah ia menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas anaknya, termasuk dalam masalah pengembangannya.
Melihat begitu besarnya peran orang tua bagi perkembangan kecerdasan anak, sudah selayaknya setiap orang tua memperhatikan masalah ini dengan lebih serius karena perilaku atau tingkah laku anak akan mencerminkan pendidikan yang telah diberikan orang tua. Anak akan mengetahui bagaimana seharusnya menghormati orang tua karena telah dibiasakan atau dididik oleh orang tua sejak kecil (Redi dan Oktafiani, 2007, hlm 41).
Diposting oleh : Y. P. Rahayu yang diambil dari berbagai sumber

1 comment: