Sunday, January 8, 2012

Teori : Balita

Balita
Balita adalah bayi yang berumur di bawah 5 tahun dan juga bayi berusia 5 tahun. Balita adalah potensi serta penerus cita-cita bangsa yang dasarnya telah diletakkan oleh generasi sebelumnya (Andriany, 2006, hlm 2). Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Karena pada masa ini pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional dan intelegensia berjalan sangat cepat pada masa balita dan merupakan landasan perkembangan berikutnya (Pramudia, 2005, hlm 3).
Istilah tumbuh kembang sebenarnya mencakup 2 peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Sedangkan pengertian mengenai apa yang dimaksud pertumbuhan dan perkembangan per definisi adalah sebagai berikut :
1. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen tubuh) (Soetjiningsih, 1995 dalam Yantikasari, 2006, hlm 15).
Untuk menilai pertumbuhan fisik anak, sering digunakan ukuran-ukuran antropometrik (Almatsier, 2001, hlm 75).
2. Perkembangan (depelopment) adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil proses pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya.
Perkajian tumbuh kembang anak dapat dilakukan melalui test skrining perkembangan menurut Denver (DDST). DDST adalah salah satu dari metode skrining terhadap kelainan perkembangan anak, tes ini bukanlah tes diagnostik atau tes IQ. DDST memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk metode skrining yang baik. Tes ini mudah dan cepat, dapat diandalkan dan menunjukkan validitas yang tinggi (Soetjiningsing, 1999 dalam Yantikasari, 2006, hlm 16).
Pertumbuhan fisik, kedewasaan, pencapaian kemampuan dan reorganisasi psikologis terjadi dengan cepat selama tahun pertama. Perubahan-perubahan ini tidak selamanya berjalan lancar tetapi lebih mendesak dan tidak terus menerus yang secara kualitatif mengubah tingkah laku anak (Wahab, 2001. hlm 17).

Diposting oleh : Y. P. Rahayu yang diambil dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment