Wednesday, February 22, 2012

Filosofi Asuhan Antenatal


Filosofi Asuhan Antenatal
Pada prinsipnya filosofi asuhan kehamilan merujuk pada filosofi bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan antara lain menyatakan bahwa:
a.    Kehamilan dan persalinan merupakan proses alamiah (normal) dan bukan proses patologis, tetapi kondisi normal dapat menjadi patologi/abnormal. Menyadari hal tersebut dalam melakukan asuhan tidak perlu melakukan intervensi-intervensi yang tidak perlu kecuali ada indikasi.
b.    Setiap perempuan berkepribadian unik, dimana terdiri atas bio, psiko, sosial yang berbeda, sehingga dalam memperlakukan pasien/klien satu dengan yang lainnya juga berbeda dan tidak boleh disamakan.
c.    Mengupayakan kesejahteraan perempuan dan bayi baru lahir. Ini dapat dilakukan dengan berbagai upaya baik promosi kesehatan melalui penyuluhan atau konseling pemenuhan kebutuhan ibu hamil meupun dengan upaya preventif misal pemberian imunisasi  ibu hamil dan pemberian TT pada ibu hamil dan pemberian tablet tambah darah dan lain sebgaianya.
d.    Perempuan mempunyai hak memilih dan memutuskan tentang kesehatan, siapa dan dimana mendapatkan pelayanan kesehatan.
e.    Fokus asuhan kebidanan adalah untuk memberikan upaya preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan).
f.     Mendukung dan menghargai proses fisiologi, intervensi dan penggunaan teknologi dilakukan hanya atas indikasi.
g.    Membangun kemitraan dengan profesi lain untuk memberdayakan perempuan.

Referensi :
- Kusmiyati, Yuni. 2010. Perawatan Ibu Hamil (Asuhan Ibu Hamil). Fitramaya. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment