Friday, April 13, 2012

Penuntun Belajar Pemeriksaan Glukosa Urine


PENILAIAN
Nilai 0             : Perlu perbaikan
                          Langkah atau tugas tidak dikerjakan
Nilai 1             : Mampu
                          Langkah dikerjakan tetapi kurang tepat
Nilai 2             : Mahir
  Langkah dikerjakan dengan benar, tepat dan tanpa ragu-ragu sesuai prosedur


NO.
LANGKAH/TUGAS
PERTEMUAN
1
2
3
4
5
1.
Siapkan alat
  1. Status pasien
  2. Alat tulis
  3. 2 Tabung reaksi
  4. Rak tabung reaksi
  5. Penjepit tabung reaksi
  6. Lampu spirtus
  7. Korek api
  8. Urine dalam bengkok
  9. Corong
  10. Celemek
  11. Hand shoen
  12. Tempat sampah
  13. Bengkok
  14. Spoit 5 cc
  15. Pipet tetes
  16. Larutan benedict





2.
Persiapan pasien
a.       Tersenyum, menyapa pasien dan seorang yang menemani pasien
b.      Memperkenalkan diri kepada pasien
c.       Menjelaskan prosedur pemeriksaan kepada ibu





3.
Mempersilahkan kepada ibu untuk buang air kecil terlebih dahulu dan meminta untuk menampung urine dalam bengkok tempat urine dan menunjukkan letak kamar mandi/toilet





4.
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir kemudian mengeringkan dengan handuk bersih





5.
Memakai sarung tangan





6.
Sediakan 2 tabung reaksi bersih dan kering dalam rak tabung





7.
Isi kedua tabung tersebut masing-masing dengan 5 ml benedict





8.
tetesi tabung kedua dengan sampel urine sebanyak 5-8 tetes urine





9.
Nyalakan lampu spirtus, kemudian bakar tabung kedua di atas nyala api dengan menggunakan penjepit tabung sampai akan mendidih antara 1-2 menit





10.
Begitu larutan mendidih segera angkat, dan simpan dalam rak tabung reaksi biarkan selama 5 menit





11.
Amati hasilnya dan bandingkan dengan tabung kesatu.
Hasil Pembacaan :
a.       Negative (-) : warna tetap biru atau sedikit kehijauan
b.      Positif 1 (+) : warna hijau kekuningan
c.       Positif 2 (++) : warna kuning kehijauan dan keruh
d.      Positif 3 (+++) : warna jingga dan keruh
e.       Positif 4 (++++) : warna merah bata









No comments:

Post a Comment